Rabu, 01 Maret 2017

Suka Duka Jadi Pewarta

26

Ngeblog sekali sebulan amat gua kaya bayar listrik.
Maafin ya, sedang mendalami dunia percak-cakan dan tebak-tebakan nih, agar supaya menjadi profesional.

Enggak ngeblog bukan berarti gua jadi gak produktif. asek. Gue tetep nulis tiap minggunya, nulis berita. Kebagian divisi reporter di RDK, mewajibkan gue buat nyetor 3 berita setiap Minggunya. Sebulan sudah jadi reporter, lumayan lah berasa suka dukanya. Dapet dateline 19.00 WI Bagian Ciputat pada setiap Minggunya, lumayan uga menciptakan pribadi gua yang udah gila jadi makin gila. Terimakasih redakturque




Udah nyampe kampus dari jam delapan pagi, ngaduk-ngaduk socmed dan official account dari Universitas, Fakultas, Jurusan, UKM, sampai Komunitas di UIN, muter-muter UIN kaya orang ilang. Dioper sana-sini sama narasumber, berasa barang haram gue buat oper-operan. Sok asik sama orang buat ngulik-ngulik berita, nge dm-dm in instagram orang, minta kontak abang-abang atau mbak-mbak buat jadi narasumber. Dari yang balesnya GeCe, sampai yang diread doang. Alhamdulillah sudah semua. Sejujurnya benarkah kehidupan pewarta sekeras ini? :')
Mau nangys

Jadi reporter radio aja gue udah berasa banget susah payahnya, padahal jangkauannya masih radio kampus lho. Apa karna gue nyari berita disaat kampus lagi libur ya? jadi minim kegiatan. Gak kebayang, kalau cita-cita gue sebagai wartawan benar terwujud. Bisa makin edyan gua. Tapi ngapapah, ini masih awal. Awal yang getir.

Untuk ke edyanan yang haQQ.

Pernah pada setiap Jum'at ( karena gua kebagian jadwal cari berita hari Jum'at ) pukul delapan pagi gua udah standby di studio RDK, bertapa deket stop kontak mengais-ngais serpihan informasi kegiatan mahasiswa di socmed. Satu demi satu akun instagram organisasi di UIN gue follow. Bedebah memang, angka following gua meningkat gara-gara jadi reporter, angka followers mah boro-boro. :''

Sampai jam 12 siang, tak jua kutemukan adanya serpih-serpih kegiatan yang bisa daku beritakan. Berbekal energi pecel gorengan goceng khas ibu-ibu tukang pecel UIN, gua muterin UIN, cari mahasiswa. Ada orang ngumpul gua samperin, ada yang pake kerudung samaan gua samperin, siapa tau dalam rangka mengikuti suatu event kan kerudungnya samaan. Padahal mah gak sengaja. Ada OB gue tanyain, ada satpam gua tanyain, masuk-masuk kantor TU, nyebelahin mahasiswa yang lagi Wifi-an gratis. Segala upaya.

Jadi pewarta, mau gamau membangun kepribadian gua menjadi lebih kepo. Entah kepo, entah lebih layak disebut suudzon. Tapi jadi pewarta gak melulu susah kok.

Yhaaa







SUSAHBANGETLAHANJER!!


Gak deh, ada senengnya. Senengnya jadi pewarta itu, gue jadi banyak kenalan baru. Dari anak Himpunan Mahasiswa, UKM, komunitas, satpam, sampai staff TU masing-masing gedung. Mantap bukan, social climbing yang menakjubkan!. Gak jarang karena harus mencari narasumber masing-masing dua untuk setiap berita, ngebuat kotak handphone dan riwayat chat gua di penuhi oleh orang-orang asing. Kalo lagi iseng nge-scroll chat tuh bawaannya istighfar aja," Astaghfirullah, siapa ini coba, kenapa gue bisa chat sama dia. Dosa apa gue Ya Allah," atau sesekali, " Ya Allah, cakep amat, leh uga nih save deh nomernya."

Yha lumayan kan ya, kalo papasan dijalan ada yang disenyumin karena pernah kenal lewat wawancara. ehe

Yhaa begitulah,

Itu salah satu point penting jadi pewarta, gue selalu punya kesempatan liat spesies abang-abang gemas di UIN. Dari yang gondrong ganteng, gondrong manis, cepak ganteng, cepak manis, berkacamata ganteng, berkumis tipis, berjanggut merah, abang-abang berpeci yang sholeh sampai yang botak menawan, pewarta pernah wawancara semua.

HAHAHAHA

Enak kan jadi pewarta?

Tapi ini siriusly, gua sendiri heran. Tanpa bermaksud genit mewawancarai abang-abang gantenk sebagai narasumber, tapi emang rejekinya gitu. Kadang gua pengen gitukan dapet narasumber cewek biar lebih enak ngobrolnya, tapi Allah menakdirkan lain, yang datang justru abang-abang, gantenk lagi.

Yhaa walaupun gak jarang dapet yang demek juga, tapi teteup kuantitasnya jauh lebih tinggi ketemu abang-abang gantenknya. Ngapapalah, demi kelancaran penulisan sebuah berita. Rejeki pewarta sholehah.. #AdibahSholehah2017

Jadi pewarta menuntut gue mau gamau harus nulis. HARUS WAJIB FARDHU A'IN!!
Tak peduli mau lagi gak mood nulis, lagi mager, lagi gak ada ide kek. Tetep harus nulis, dari pada digorok redaktur. Seperti itu. Berita harus sudah nangkring dikotak masuk e-mail redaktur pukul 19.00 WIB, kalo gamau di PC ditanya-tanyain apa kabar beritanya?.
Belom lagi kalo kena revisi, Ya Allah...

mau nangyz


Tapi, sesungguhnya dibalik segala kritik dan saran redaktur dan pemred Que. Gua sayang dan mengasihi segala kritik dan revisian mereka. Berasa punya editor pribadi, seenggaknya ada yang merhatiin tulisan gue, ada yang peduli dengan segala ke typoan ini, dengan segala kerumitan pemilihan kata ini, dengan segala ke-begoan gue dalam dunia tulis menulis berita. :')


















26 komentar:

  1. Kapan nih mw wawancarain abang ganteng bang niki
    Abang tungguloh

    BalasHapus
  2. Anjir. Lo nyamperin semua orang gitu cuma di lingkungan kampus aja kan? Ngeri aja gue lagi ngobrol di jalan, tiba-tiba ada yang nyamperin nanya ini-itu. Takut kehipnotis. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyadooong, tapi jadi kebiasaan kepo dimana-mana diluar kampus pun. :(

      Hapus
  3. Baru taw dibah hahahhah, sini berguru pada mantan wartawan ini? #hueeee maapkeun kejumawaanku padahal dulu jadi reporter ya gitu sama wae, tiada hari tanpa begadang, diteror redaktur apalagi boss besar yang banyak maunya #eh, terus diphp narasumber, kelas kakappp sekelas dirut2 petusahaan multinasional, bumn, ampe pakar2 huahahhha....
    Memang keras dibah
    Bayaran ga seberapa diperasnya uda kayak sapie huhh
    Ga kuat
    Kibarkan bendera kuning
    #akhirnya sekarang jadi mantan

    BalasHapus
    Balasan
    1. huhuhu ada pewarta ulung..
      AHAHAH emang semua narasumber suka php nih kayanyaa!

      ALLAHU AKBAR!!

      Hapus
  4. Gak apa followers gak nambah. Gak dibawa mati katanya. Tapi lumayan kalau banyak bisa di-endorse. Wqwq. Apaan!

    Itu lu emang modus apa gimana? Kok bisa dapetnya abang-abang ganteng mulu? Hm. Gue mau nanya, di tengah wawancara itu dikasih tebakan gak? Wakakak.

    Enak tau kalau tulisan diperhatiin editor. Dikasih kritik dan saran gitu supaya tulisan semakin membaik. Euh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mana ada juga yg mau endorse gua :((
      Itu rejeki anak sholeh namanya hehe. Yaa kalo narasumber nya retjeh gua becandain laah :D
      Iyaaa ♥♥ editor

      Hapus
  5. Wah. Enak ya ketemu abang-abang ganteng. Coba ya kalau gue jadi wartawan. Hmm... sepertinya menarik. Dateng nyamperin cici-cici hits sekampus. Dapet kontaknya, dapet aku ignya trus minta folbek, deh. Kan lumayan. Hahaha
    Enaknya jadi wartawan itu... bisa masuk ke acara-acara berbayar gitu, deh. Hue.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantaaap.
      Sbuwah kesempatan emas bukan?
      Iyahahaha, masuk acara berbayar tanpa bayar. :)

      Hapus
  6. dulu aku sempet pengin jadi reporter gara-gara nonton drama korea.
    tapi ya gitu.. penghasilan sama pengorbanannya kayaknya kurang seimbang.
    ngabisin, pulsa, kuota, waktu, buat ngehubungin narasumber.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkkw kalo diitung itung emang begitu. Tapi kepuasan bathinnya bedaa. Hehe

      Hapus
  7. Wuidiiih. Semangat buk! Semoga kekuatan pecelnya tetep terjaga. Nanti cobain jadi reporter beneran pas udah lulus, biar berasa gregetnya. \:p/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huhuhuhu
      Gatauuu deh kalo jadi wartawan beneran, bisa gila 1040x lipat.

      Hapus
  8. tepuk tangan dulu... prok prok.. prok.

    selain kesibukannya di jam setengah 4 sore, haha. ternyata nyari bahan itu susah ya, nanya ke abang2, dikira tukang hipnotis ntar.. tapi asiknya, dibah bisa kenal hampir seluruh orang kampus nih. keren. sekali lagi, KEREEEN.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkw
      Jadi orang sok asik se bilangan ciputat demi menjalin relation dgn narasumber. :'')

      Hapus
  9. Boleh nggak sih, kalo nggak dapet berita terus nyetor cerpen aja? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gaboleeeeh!!
      Kalo boleh i suda kasi draft blog ajaa :((

      Hapus
  10. Ih suka deh sama mahasiswa aktif begini, nikmatin yesh! Kalau udah lulus, kerasa banget manfaat sibuk kuliah waktu dulu hahaha. Anyway, semangat ea pewarta masa kini. Walau nulis blog sebulan sekali kaya bayar listrik, gakpapa karena keseringan juga malah bikin mabok. Eh, itu sih aku doang hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkw thankys ka fasyiii
      Huhuu

      Hahahah ini udah lebih dari berapa bulan tau ga ngeblog, udah dicabut kali listriknyaa :(

      Hapus
  11. Ooohh... pewarta ya rupanya.

    BalasHapus
  12. Tapi dengan pengalaman itu mental kamu jadi makin jadi ya, Fa. Saya masih minderan kalau ketemu orang baru. Duh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau ga mau urat malu harus ditinggal di kosan aja jgn bawa ke kampus :((

      Hapus
  13. WAhahahaa aktif dan super sibuk sekali ya kamu dibah ._. pantes, kalau ditwitter aku sering kamu marahin gitu tuh artinya kamu lagi betek sama deadline tulisan wartamu itu kan ya ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. YEEEUU ITUMAH EMANG MAS FEB NYA AJA NGETWITNYA NGESELIN. BIKIN MAU MARA MARA SAMPAY YAUMIL QIYAMAH.

      Hapus