Sabtu, 25 Juni 2016

10 hari lagi

50

Hai
Wasap bruuh apa kabs?

eh, kok kaya yutuber gini pembukanya, kebanyakan yutub yutub yutub lebi dari tipi bum!! nih pasti.
oke ulangin.

Assalamualaikum sahabat Netizen, Kaifa Khaaluk?
Udah hari ke-20 aja nih si Ramadhan.

Seudiih...
Gak berasa banget yaa, lebaran udah deket deket deket deket deket eh jadian sama yang lain. ;(

Yhaaaa..

Gimana nih gaes, udah berapa kali 'mau ngadain bukber' tapi berujung wacana?
Gue? jangan ditanya deh.
Keselnya lagi pas serius ngajakin bukber dan percakapan yang terjadi malah seperti ini:

G (gue) : Bukber yok
T (temen) : Yok
T2 : Yok
T3 : Lhes ke.
T4 : Atur
T2 : Minggu ini aku free.
G   : Kapan ke?
T5 : Maghrib oo.
G,T1,T2,T3,T4 : .................

Dan percakapan berhenti disini.

YO PAHAM  TEK BUKONE PAS MAGHRIB!!

Bikin emosi aja buset.

Gimana tadarusnya udah sampe mana? udah hari ke-20 harusnya udah nangkring di juz 20 dong yaa buat yang target khatam sekali, yang khatam 2 kali, hhmm udah nyampe mana?

*brb ngeliat target sendiri, terus nangis se mesjid*

sumber


hhmm di H-10 lebaran ini aku mencium bau-bau orang mulai buang-buang duit di mall.
hhmm bau-bau keserakahan, bilangnya sih "ini kan diskon, jarang-jarang lhoo biasanya gak segini nih". Huft Manusia.

Syaitan-syaitan kaya aku bisa apa? pengen belanja diskon juga tapi di kerangkeng.

halah

Ohiya ada yang tau 10 hari terakhir berarti apa?
Yoi, di bulan Ramadhan ini ada satu malam yang teramat sangat istimewa, malam yang sangat dinanti-nantikan kedatangannya, malam penuh berkah dibulan yang penuh berkah. Saiiikk

Malam yang jauh lebih istimewa dari 1000 bulan. Dimana setiap umat islam yang menghidupkan malam ini dengan mendirikan sholat maka akan dapat pengampunan dosa dari Yang Maha Pemilik Alam Semesta. Makannya gak jarang di 10 hari terakhir gini, umat muslim berbondong-bondong meningkatkan kualitas ibadahnya.

Malam istimewa ini adalah malam Lailatul Qadar.

Malam Lailatul Qadar adalah malam diturunkannya Al-Qur;an. Malam yang luar biasa bukan? disebut-sebut sebagai malam yang sempit, kenapa? karena pada malam ini banyak penduduk langit alias malaikat turun ke Bumi, ngapain? ya ngapain kek, kan di Bumi banyak mall, belanja diskonan bisa keleuuuss.

Gak deng ngaco gue.
Ntar malaikat ngambek, amalan baik gue gak dicatet lagi. Padahal mah emang gak ada amalan baik gue yang bisa dicatet. :(

Karna banyak malaikat yang turun ke Bumi, makannya umat muslim berlomba-lomba memohon ampun dimalam kelimpahan yang pernah dijanjikan Allah SWT.

Terus malam lailatul Qadar itu yang mana si?

" Rasulullah SAW beri'tikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan dan beliau berkata : Carilah malam Lailatul Qadar di malam ganjil pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan." (HR Bukhari (4/225) dan Muslim (1169) )

Nah jelaskan? malam Lailatul Qadar ini ada di malam-malam ganjil sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Kalo kata si mamah sih, dulu pernah cerita bahwa tanda-tanda malam Lailatul Qadar itu seluruh alam bersujud, semua pepohonan seakan -akan merunduk, hewan-hewan, suasana jadi adem ayem tenang, bocah-bocah yang suka ngelemparin petasan ke orang yang pulang teraweh tiba-tiba di iket ke tiang listrik sama Ibunya.

Gue sih percaya - percaya aja ya, dan sukses bikin gue merhatiin pot depan mushollah sama depan rumah tiap kelar teraweh di sepuluh hari terakhir.

Nah kan?
Makannya rugi banget kan kalo di 10 hari terakhir yang super duper istimewa gini malah jadi sia-sia.

Kebanyakan si siklus ibadah orang di 30 hari Ramadhan adalah 10 hari pertama teraweh full, masjid full, tadarus lancar. 10 hari kedua, bukber full, SOTR full, teraweh lumayan, tadarus lumayan. 10 hari terakhir Mall full, Tanah Abang full, dompet engap-engapan, tadarus mulai keteteran, teraweh seadanya, di masjid tinggal dua shaf.
Lyfe.

Pokoknya kalo kamu tergolong yang mensia-siakan 10 hari terakhir di bulan Ramadhan, aku kasih tau aja yaa RUGI!! *ngomong depan kaca

Pokonya untuk seluruh sahabat netizen diseluruh penjuru dunia, jangan mau jadi hamba yang merugi, jangan sia-siakan 10 hari terakhir bulan Ramadhan kali ini, karena belum tentu bisa ngerasain bulan Ramadhan tahun depan, dan karena yutub yutub yutub lebi dari tipi bum!!

Eh, ini apa sih dari tadi gini, oh iya akhir-akhir ini gue lagi gabisa banget muvon dari suara merdunya akang Muzammil Hasballah, katanya dia anak ITB sering jadi imam disana, entahlah gue gak tau pasti asal-usulnya. yang gue tau pasti suaranya adeeeem bener kek ubin masjid abis jum'atan, dan suaranya bikin lega kek lagi jum'atan eh dapet tiang buat nyender.

                                                                                 
             


Sebenernya gue gak nonton videonya si, gak kuat ngakak liatin muka makmumnya pada serius banget, ada yang mukannya datar, ada yang sampe nangis, malah jadi ngakak sendiri, selera humor gue emang rendahan banget, ngeliat muka orang aja geli sendiri. Jadilah gue cuma dengerin suaranya abis itu buka tab lain. Ehehe

Dan pada video ini tepat diayat ke 26 surat Ar-Rahman yang berbunyi Kulluman 'alayhaafaan yang diulang 3 kali sama si akang Muzammil ini sukses bikin gue tiba-tiba merembes mili. Awalnya gue penasaran kenapa tiba-tiba nangis gini-alay-deh-Adibah, karena kepo akhirnya gue liat terjemahnya di Al-Qur'an. Ternyata terjemah dari ayat 26 itu adalah Semua yang ada di Bumi itu akan binasa.

Lheess

Pantes gue tiba-tiba nangis, rasanya seperti kehilangan. Kehilangan yang pasti akan terjadi.

Lantunan ayat surat Ar-Rahman yang berkali-kali mengulang ayat Fabiayyi alaairabbikumaa tukadzibaan ini sukses bikin gue gak berenti dengerin tiap hari. Coba deh kamu dengerin seriusan adem, gak beda jauh sama ubin masjid atau enggak es selasih warna ijo siang-siang.

Beuuh pokonya murotal murotal murotal lebih dari EDM bumm!!


Dah lah yaa, selamat menuntaskan bulan Ramadhan kali ini. Semoga tidak pernah menjadi hamba yang merugi, mari buat sibuk malaikat pencatat amal baik dibulan ini.


Akhirul kalam,
Taqabbalallahu minna waminkum, taqabbal yaa kariim, 
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh. 

Sabtu, 11 Juni 2016

Srikandi Berjubah Hitam - Khawla binti Al Azwar

62



Disini ada yang punya idola?
Gue rasa semua orang punya tokoh yang difavoritkan, dari penyanyi, pemain film, penulis, seniman, motivator, sampai tokoh-tokoh besar lainnya. Gue sendiri termasuk punya banyak idola, tapi gue kategoriin gitu, dibidang ini si A, bidang ini si B dll. Salah satu idola gue kategori tokoh-tokoh islam adalah ....

Khawla binti Al Azwar.

Udah kaya baca nominasi award - award  gitu belom?

Siapa dia? Markisam, Mari kita simak.
Khawla binti Al Azwar, putri Malik atau Tariq bin Awsi yang memiliki julukan Al-Azwar kepala suku Bani Assad kaum yang sudah masuk islam jauh sejak Khawla belum lahir. Khawla memiliki seorang kakak laki-laki bernama Dhihar Al-Azwar yang mengajarinya berkuda dan pandai menggunakan pedang.

Khawla binti Al-Azwar dikenal sebagai mujahidah yang sangat pemberani, keberaniannya dalam berjihad bahkan sering disejajarkan dengan Khalifah Umar bin Khatab dan Khalid bin Walid.

GILSS!!

Dibalik kegagahannya di medan perang Khawla adalah sosok perempuan yang lembut berperawakan tinggi dan cantik, sehingga setiap kali berjalan terselip keanggunan sekaligus kegagahan seorang pejuang islam, Khawla juga pandai dibidang sastra lhoo. 

Khawla adalah sosok wanita yang seringkali terjun dalam medan perang. Di medan perang perempuan biasanya bertugas sebagai tenaga medis atau petugas menyiapkan makanan bagi para pasukan muslim , bahkan tak jarang mereka jadi tahanan apabila dalam sebuah perang kaum muslim mengalami kekalahan.

Berbeda dengan Khawla, dia adalah sosok Mujahidah nyata di medan perang. Mujahidah yang tidak berhenti mengobati pasukan yang terluka yang juga tak pernah bisa tinggal diam ketika agama Allah dikoyak musuh-musuh Islam, dia siap bangkit mengangkat pedangnya, memacu kudanya, mengenakan baju perangnya menembus barikade musuh.

Salah dua kisah perjuangan Khawla di medan perang adalah saat terjadi perang antara pasukan muslim yang dikomandoi oleh Khalid bin Walid dengan pasukan Romawi di daerah Ajnadin tidak jauh dari Yerussalem. Disini keberanian Khawla benar-benar terbukti, bahkan disebut-sebut melebihi pasukan perang Khalid bin Walid sendiri yang jelas isinya laki-laki.

GILSS!!
CEWEK SETRONG ABES!!

Selingan sedikit, gue pernah berada disituasi dimana gue jadi paling kuat diantara laki-laki yang ada, dan disini gue merasa mirip Khawla. Asek. Waktu itu lagi pelajaran Bahasa Indonesia saat tiba-tiba spidol kelas yang semata wayang kehabisan tinta. Bu guru yang mengajar nunjuk salah satu temen laki-laki gue buat ngisi spidol semata wayang itu ke ruang TU disertai ngomel-ngomelin anak sekelas karna beli spidol aja gak mampu, masa spidol cuma satu, emang gak ada yang bayar kas apa? BODOH KALIAN SEMUA!!.

Sebenernya bukan gak mampu si kelas gue, cuma gak ada duit aja, duit kas lagi tipis. Lama nungguin temen gue ngisi spidol satu batang aja ampe 10 menitan, akhirnya satu temen gue disuruh nyamperin temen gue yang lagi ngisi spidol. Pas nyampe TU ternyata temen gue belom mulai ngisi spidol tapi lagi sibuk ngakalin buka tutup bagian belakang buat tempat ngisi tinta pada spidol semata wayang tersebut.

Temen gue yang baru nyamper pun berusaha membuka tutup spidol yang sama tapi gak kuat, sampai akhirnya satu persatu anak laki-laki dikelas gue mencoba dan gak ada yang bisa. Padahal kelas gue ini laki-lakinya rata-rata atlit badan gede muka sangar semua, tapi buka tutup spidol aja gak sanggup, CEMEN. Sampai akhirnya gue iseng nyoba buat bantu buka, awalnya mah yang ada diketawain.

"Orak bakal biso bah, sumpah alote dyan, kowe rak ruh Eaxcel sing awake gedi be orak biso" ucap salah satu temen laki-laki gue meremehkan.

Gue gak ngejawab, gue minta spidol dari tangannya, gue buka sekali puter dan, kebuka dengan begitu mudahnya. Segampang itu. Gue heran ini temen gue yang lemah semua apa gue yang terlalu kuat, disitu gue ngerasa setrong abis kaya Khawla ( Anjir apaan Khawla mana ada buka tutup spidol ). Akhirnya gue jalan meninggalkan segerombolan temen laki-laki gue yang riuh di depan TU seraya melambai.

"Orak do nganggo Bismillah si kowe." ( Pada gak pake Bismillah si lu )

Kembali lagi ke kisah Khawla, pada perang melawan pasukan Romawi di daerah Ajnadin Khawla bersama sahabiyah lainnya terjun sebagai tenaga medis, megobati pasukan islam yang terluka. Sampai suatu waktu seperti yang di ceritakan dalam buku ' The Conqueri of Al-Sham ' karya sejarawan Arab Al-Waqidi, kakaknya Khawla yaitu Dhihar Al-Azwar yang menjadi pasukan utama dalam perang tersebut kehilangan tombak, terjatuh dan ditawan oleh musuh saat perang berkecamuk.

Mengetahui kakak kesayangannya ditawan musuh, panaslah hati Khawla, dia langsung mengangkat pedang dan memacu kudanya, tanpa ragu Khawla menerobos pasukan Romawi yang berusaha menghalau dengan jubah hitamnya. Pasukan Khalid bin Walid dibuat takjub dengan keberanian tentara Allah tersebut.

Khalid sang komandan perang takjub melihat ksatria dengan jubah serba hitam menutup seluruh tubuh yang terlihat hanya mata tajamnya merangsek pasukan Romawi dengan tebasan pedangnya. Sekali tebas, beberapa pasukan Romawi pun tumbang. Melihat keberanian tersebut Khalid bin Walid beserta pasukan pun terpecut semangatnya dan segera ikut bergabung.

Meskipun 1000 pertanyaan terus menggantung. Siapa ksatria bergitar dibalik jubah hitam itu? Apakah ini dia sosok Power Ranger putih yang selalu datang belakangan? atau dia...

Jadi kita perlukan penyelamat Bumi

BOBOIBOY!!!

Enggak gak mungkin.

Pasukan sibuk menerka-nerka, ada yang menyangka jika ksatria berjubah hitam itu adalah Khalid bin walid, namun prasangka itu terpatahkan saat Khalid bin walid tiba-tiba muncul. Jadi siapakah dia?

Terlihat oleh pasukan muslim lainnya, ksatria tersebut berada di tengah-tengah musuh, sesekali dia menghilang tidak telihat kemudian muncul dengan darah musuh yang menetes dari pedangnya.

SAIIIIK KEREN ABES GA ADA OBAT!!

Kalo kata Young Lex mah,

KHAWLA IDOLA KESAYANGAN BUKAN BAYANGAN.
YOW!!

Keberaniannya membuat pasukan muslim kagum dan terus mendo'akan keselamatannya.

Dalam perang kali ini pasukan Romawi berhasil dipukul mundur, usai pertempuran Khalid bin Walid mencari ksatria gagah berjubah hitam tadi, dia meminta ksatria untuk membuka penutup wajahnya, tapi ksatria itu malah menjauh dan berusaha menghindar dari pasukan muslim. Khalid bin Walid memaksa ksatria untuk memberitahu identitasnya, merasa tidak menemukan cara melarikan diri akhirnya Khawla menjawab dengan suara lembutnya.

" Saya tidak bisa menjawab karena saya malu kepada Anda, Anda adalah pemimpin besar dan saya hanya wanita yang hatinya terbakar."

Mendengar itu Khalid bin Walid semakin penasaran dan berkeras meminta Khawla membuka identitasnya.
Sayup-sayup terdengar ketukan gendang membawakan lagu bang Haji Roma irama bersama grup bandnya Soneta- Penasaran, dari arah tukang sound belakang panggung.

Sungguh mati aku jadi penasaraan~
Oh gadis cantik yang menjadi rebutan~

jet jet jet jet  jet!

Ya enggaklah anjer.

Akhirnya Khawla mengaku dengan suara lembutnya, " Saya Khawla binti Al - Azwar , saya bersama pasukan saat mengetahui kakak saya Dhihar Al - Azwar ditangkap pihak musuh. Maka saya melakukan apa yang saya harus lakukan."

Mendengar itu Khalid bin Walid memerintahkan pasukannya untuk mengejar pasukan Romawi dan membebaskan para sandera. Pada operasi itu Khawla kembali bergabung dalam pasukan untuk menyelamatkan kakaknya. Setelah pertarungan yang sulit akhirnya Dhihar dapat diselamatkan.

YEAAY!!

Kisah perjuangan  Khawla yang lain adalah saat Kawla menjadi pemimpin dalam pertempuran melawan masih pasukan Romawi. Saat itu tanpa diduga pasukan Romawi menyerang kamp wanita dan menangkap beberapa dari mereka termasuk Khawla.

Ternyata mereka ditangkap untuk dijadikan budak pribadi komandan pasukan Romawi. Ya you know lah what i mean. Khawla marah besar mengetahui hal tersebut, menurutnya lebih terhormat sebuah kematian dibanding hidup dalam kehinaan. YEAH, HIDUP KHAWLA!!

Seketika Khawla berdiri menyerukan semangat agar wanita sanderaan yang lain melawan dan memperjuangkan hidup mereka. Akhirnya wanita-wanita itu bangkit menyambar pasak dan tiang tenda tempat mereka disandera menyerang para penjaga, membentuk sebuah lingkaran ketat di bawah komando Khawla.

Dan ya!, perlawanan mereka sukses membuat mereka terbebas dari sandera.

Pertama kali tahu sosok Khawla binti Al-Azwar ini gue sungguh terinspirasi, keberaniannya, ketangguhannya membuat dia jadi sosok pejuang muslim yang melegenda. Saat gue takut menghadapi sesuatu, gue selalu inget keberanian Khawla sehingga membulatkan tekad untuk terus-menerus jadi wanita yang pemberani dan juga sholehah pasti. Gaungkan kembali tagar #Adibahsholehah2016.

Sejauh ini si, gue bukan tipe perempuan yang penakut ya, bakat berani ini tertanam sejak kecil berkat nasehat Mamah " Jadi orang itu gaboleh takut sama apapun, cuma boleh takut sama Allah". Sejauh ini gue gak pernah takut sama yang namanya serangga,  kecoa misalnya yang paling banyak ditakuti umat manusia, kalo lagi baca buku ada kecoa depan gue juga paling gue liatin doang, kalo terasa ngeganggu tinggal gue comot buang deh keluar, begitu pula yang terbang gue sih B aja, kalo terbang-terbang ngeganggu suka gue semplak aja pake buku gitu santai, toh teriak-teriak gak akan ngerubah kecoa jadi kupu-kupu. Udah Khawla banget belom? ( muntah aja gapapa )

Begitupula kalo pas kegiatan organisasi, sebagai adek kelas kan kita sering ditindas tuh, kakak kelas sok galak-galak najong. Kalo gue gak akan sok-sok cupu biar gak kena hukuman, atau pura-pura baik padahal ngomongin di belakang kaya temen gue yang lain. Justru gue bakal lebih nyolot dari senior kalo emang gue gak salah tapi diomel-omelin. Percaya tidak percaya, ada kakak kelas yang mau ngelempar meja ke gue pada saat wawancara masuk organisasi saking emosinya. Abis katanya gue dimarahin tapi malah bales marah, dibentak malah bales bentak lebih kenceng, ya abisan dia ngamuk-ngamuk ga jelas padahal gue gak ada salah, kan nyolot. Ini sebenernya gue berani apa songong si?

Kalo cuma sama hewan atau sesama manusia mah ngapain ditakutin, akumah cuma takutnya pas ditinggal dan baru sadar kalo selama ini sama-sama sayang. Eeaaa~

PAAN NIH MALAH CURCOL !!

Halah, pokoknya Khawla ini menginspirasi sekale. Gak kaya gue.

Dia ngebuktiin bahwa perempuan bisa jauh lebih keren dari laki-laki, pada Khawla dibuktikan lewat keberanian dan caranya berperang. Khawla juga mengajarkan bagaimana kebulatan tekatnya untuk memperjuangkan agama Allah. Kalo jaman dulu berjuang di jalan Allah modelnya masih perang-perangan., kalo sekarang bisa lewat jalan berdakwah menyebar kebaikan, dengan menghargai diri sendiri juga bisa, memuliakan diri sendiri, contohnya untuk wanita dengan menggunakan pakaian yang sopan, yang baik, yang tidak menimbulkan fitnah, bersikap dengan baik, menjadi agen islam yang kuath. Punya cita-cita yang tinggi jangan dapet tugas berat dikit langsung ngetwit ' Ya Allah mau kawin ajaa.. :')', pantang menyerah, berani dan masih banyak lagi.

Allahu Akbar!!

Dan yang paling paling paling menampar gue adalah, sebegitu besar rasa sayangnya Khawla kepada Kakaknya, sebegitu cintanya Khawla sampai rela mengorbankan nyawanya demi saudara sekandungnya. Ini jadi salah satu alasan gue bener-bener sayang sama adek-adek gue, salah satu alasan gue rela berkorban apapun demi mereka. #Adibahsholehah2016

Gue tau Khawla dulu tepat saat gue lagi berantem sama Mia, Mamah gue juga baru kelar ngasih nasehat,
" Jangan   berantem sama kakak atau adek sendiri, nanti kalo Mama sama Ayah udah gak ada kalo kamu  pada kesusahan kalo bukan saudara kandung yang nolongin siapa lagi?"

Saudara? mereka juga punya keluarga.
Temen? Apalagi, kelak mereka punya lebih banyak urusan.
Yang mau ngebantu ya saudara kandung, siapa lagi? konon katanya, keberadaan saudara kandung bakal jauh lebih terasa saat kita masing-masing sudah dewasa, masing-masing sudah beranak pinak, sudah paham pahit manisnya dunia. Bukan pas masih kecil yang bisanya cuma rebutan selimut, main lempar-lemparan tugas, rebutan mainan.

Yah begitulah, semoga perempuan-perempuan yang baca postingan ini bisa mencontoh keberanian dan ketulusan Khawla binti Al-Azwar, jadi perempuan sholehah pemberani yang sanggup ikut memperjuangkan agama Allah.

#Adibahsholehah2016 #Semuajugasholehah

Bonus kostum Khawla versi bayangan Adibah :


















Rabu, 08 Juni 2016

The Real Relationship Goals

64



Menurut lo Relationship goals itu yang gimana?
Yang ala-ala abege jaman sekarang posting foto ciuman, kasi kejutan ' Anniv 1 bulan', cium ketek pacar, cium ketek bapaknya pacar, ketek kang somay yang lewat depan rumah pacar? tuker-tukeran baju?
Apa kisah Cinderella, Romeo-Juliet, rama shinta, kisah dua sejoli di atas kapal Titanic? 
Yang gimana?

Menurut gue yang bener-bener relationship goals itu kisah cinta Ali bin Abi Thalib dan Fatimah binti Muhammad SAW.

MasyaAllah~

Tapi serius lho ini.
Oh iya ampe lupa ngucapin Marhaban Yaa Ramadhan ke sahabat-sahabat netizen.

Marhaban Yaa Ramadhan sahabat netizen yang dimuliakan Allah. Selamat berbahagia di bulan penuh berkah ini, jangan sia-siain satu bulan ini yaa. Selain stasiun TV yang bagi-bagi dua juta rupiah, Allah juga bagi-bagi pahala setiap detiknya di bulan penuh berkah ini. Semoga kita senantiasa dipertemukan pada postingan pada blog yang sama di bulan yang penuh berkah lagi tahun depan.
Aamiin..

Bermula saat sang Nabi besar Muhammad bin Abdullah diperlakukan secara tidak layak oleh kaumnya. Seorang gadis kecil bangkit, dengan gagah dia menuju Ka'bah menyumpal mulut-mulut jalang para pemimpin Quraisy yang menghina Ayahnya. Fatimah menghardik mereka tak memberi kesempatan mulut-mulut jalang itu untuk menimpali. Semua bungkam, waktu seakan-akan membeku. Mengagumkan!!

Juga saat Fatimah dengan telaten membersihkan luka pada tubuh Ayahnya, saat Ayahnya pulang dengan penuh luka berdarah dan isi perut unta.

Ali tidak tahu apakah perasaan terhadap karib kecilnya itu bisa disebut cinta?

Ali kagum dengan kesantunan, paras, dan ibadah yang dimiliki Fatimah binti Muhammad sepupunya.
Mereka berdua melewati hari-hari bersama sejak kecil, hingga remaja tumbuhlah perasaan yang Ali sendiripun ragu, apakah benar dia jatuh cinta? Ali tak menampik selalu muncul keinginan untuk selalu berada dekat dengan Fatimah. Tapi Ali bukan laki-laki bodoh, dia pemuda yang beriman, dia terus menerus berusaha menjaga hatinya. Ia pendam perasaan itu bertahun-tahun dengan teramat rapi, boro-boro Fatimah, setan aja sampe kaga tau. Tapi sebagai remaja tanggung yang miskin Ali bisa apa? hanya bisa mencintai fatimah diam-diam.

Ali tersentak mendengar kabar bahwa Fatimah telah dilamar. Laki-laki dengan harta dan pembelaannya terhadap islam yang luar biasa. Laki-laki mulia, sahabat terdekat Rosul. Abu Bakar Ash-Sidiq. Cobaan bagi Ali, belum apa-apa sebagian hatinya rasanya seperti di pukul hancur.

Apalah Ali saat itu dibandingkan Abu Bakar Ash-Sidiq?
Hanya serupa gosokan ale-ale, gak ada yang peduli, percuma aja digosok palingan juga 'Coba Lagi'. Cakep-cakep kalo dapet paling  juga  serebu. Sedangkan Abu Bakar? kawan perjalanan hijrah Nabi, Penyebar risalah garis keras, berdakwah sampai membuat para saudagar kaya Mekah tersentuh masuk islam, memerdekakan banyak budak muslim, secara finansial? beuuh jauh-jauh lebih mapan dibandingkan Ali saat itu. 

"Inilah persaudaraan dan Cinta." 

" Aku mengutamakan Abu Bakar atas diriku, aku mengutamakan kebahagiaan Fatimah atas cintaku."  bisik Ali remaja.

Ya Allah gemasss~

Sempat putus asa, semangat Ali bangkit lagi saat mendengar kabar bahwa lamaran Abu Bakar Ash-Sidiq ditolak.

MANTAP. LAKI-LAKI SEKELAS ABU BAKAR DITOLAK!! PALAGI KAMU YANG KAYA PINGGIRAN BAKWAN. CIIH BUANG!!

Gak deng.
Lillahita'ala.

Ali mempersiapkan diri, bekerja banting tulang mengumpulkan mahar untuk melamar Fatimah dibalik segala kekurangannya.

Abu Bakar mundur, datang lagi pelamar lain.
Laki-laki gagah perkasa, yang sejak masuk islam sudah menegakkan lehernya, syaiton pun ngacir kalo beliau lewat, bertekuk lutut.

Siapa tebak?

Siapa lagi kalau bukan Umar bin Khatab. si laki-laki bergelar Al- Faruq sang pemisah antara kebenaran & kebatilan. Laki-laki cerdas lagi pula pemberani. Ali jelas kalah telak.

Tapi takdir berkata lain, Umar bernasib sama dengan Abu Bakar.

Luar biasah bukan saudara-saudara.

Semangat Ali semakin berkobar, dia bulatkan tekadnya untuk melamar putri Rasulullah sambil sibuk menerka-nerka pemuda macam apa yang Rasulullah harapkan? laki-laki tampan nan elegan macam apakah yang dinanti-nanti?


Sampai waktunya tiba untuk mempertanggung jawabkan perasaannya, dengan menggenapkan tekad dan keberanian bermodalkan satu set baju besi Ali melamar Fatimah binti Muhammad SAW.

"Ahlan Wa Sahlan"

Itu saja Jawaban Rosul, jawaban yang tidak pernah didapatkan oleh kandidat-kandidat pelamar sebelum Ali.

MasyaAllah

Akhirnya Ali bin Abi Thalib dan Fatimah binti Muhammad pun menikah. Menikah dengan sederhana, gak neko-neko pake ngundang artis ibu kota, hidup sederhana, saling membantu mencukupi kebutuhan rumah tangga. Rumah tangga penuh cinta.

Sampai pada suatu waktu dimana Fatimah berkata pada suaminya. 
"Maafkan Aku, karna sebelum menikah denganmu Aku pernah satu kali jatuh cinta begitu mengagumi dan memendam perasaan  pada seorang pemuda."

Ali terkejut, sambil sedikit dibumbui perasaan-perasaan cemburu, " Kalau begitu mengapa kau menikah denganku? kalau aku boleh tahu siapakah pemuda itu?"

" Pemuda itu adalah dirimu."  Jawab Fatimah sambil tersipu malu . Sambil memukul manja lengan suaminya  dan menyelengkat kakinya sampai Ali terjungkal. 

Anjir kagaklah kalimat terakhir gue ngarang aja.

Ya Allah cuanet sii~

Ali dan Fatimah menjalani rumah tangga mereka dengan penuh suka dan duka, sampai lahirlah buah hati mereka, dua putra tampan Hasan dan Husain yang nantinya menjadi tokoh dan pejuang islam yang luar biasa.

Ada beberapa hikmah yang bisa gue dapet dari kisah cinta Ali dan Fatimah ini.

  •  Ketika Ali merasa belum siap untuk melangkah lebih jauh, Ali memilih untuk mencintai Fatimah dalam diam, untuk memuliakan kesucian diri dan hati nya dan orang yang dicintainya. Dari pada diungkapkan tapi malah menjadi jurang kemaksiatan. Naudzubillah. Biarlah perasaan itu menjadi rahasia antara diri sendiri dan Allah SWT, gausah banyak ceritain ke temen kalo gak penting-penting amat, kamu tau kan jaman sekarang temen suka makan temen?
  • Yakinlah Allah maha tahu semua isi hati hambanya. Betapa indahnya takdir bagi mereka yang senantiasa menjaga hatinya. Orang yang senantiasa menjaga hatinya akan dipasangkan dengan orang yang juga menjaga hatinya dengan baik. Gausah ngoyo nek gak arep serius. Nek mung dolan-dolan, iki ati dudu Dufan.
  • Jatuh cinta harus dipertanggung jawabkan, cinta tidak butuh janji-janji tapi pembuktian. Betapa indahnya jatuh cinta karna Allah, bukan cinta yang dipenuhi nafsu yang pada akhirnya hanya melahirkan pilu.


Ada yang bisa memetik hikmah yang lain?

Weslah ngono ae. Persetan dengan relationship goals ala-ala anak jaman sekarang, kalo cuma jadi jurang kemaksiatan apa yang bisa dibanggakan? Semoga kita senantiasa tergolong orang-orang yang terjaga hati, iman, dan takwanya.   Aamiin.




Biar kaya orang-orang, mari kita beri sedikit quote.

Quote :

" Pacaran jangan,tapi kalo geer-geerin orang doang mah gak papa" 
~ Nasihat penting Remaja 18 thn


















Kamis, 02 Juni 2016

SBMPTN 2016 Done!!

48

Selamat pagi Juni !!
Selamat pagi kamu yang lahir di bulan Juni, jangan lucu-lucu ya, nanti aku jadi sayang. Nngg~
Selamat bulan lahir Dasar Negara.
Marhaban Yaa Ramadhan.
Umumumu~ gak sabar bangun dini hari nemenin Royyan ngintip-ngintip naq-anaq yang suka bangunin saur lewat jendela.

Menutup bulan Mei 2016 dengan SBMPTN dan memulai Juni dengan bahagia. Alhamdulillah Allah selalu baik, aku durung digawe edan.




Piye Rek wingi sing bar SBMPTN-an? wes do edan durung?

Hahah. Yoi kemaren tanggal 31 Mei 2016 gue ikut SBMPTN. Setelah belajar dengan males-malesan beberapa bulan yang lalu akhirnya tes itu kulalui juga. Akhirnyaa.

Berangkat dari Bekasi tepat sehabis subuh, dengan segenap rasa menyesal gue gak sempet sarapan dari rumah. Padahal malemnya kerjaan gue nginget-ngingetin orang yang mau SBMPTN biar gak lupa sarapan. Apaan gue sendiri yang lupa.

Menembus dinginnya lalu lintas Ibu kota dini hari. Coba seharian Jakarta gini deh jalanan lenggang, kan asik. Gue berangkat dari Bekasi ke Depok, tepatnya SMAN 2 Depok. Tempat lokasi tes yang terketik di kartu SBMPTN gue.

Rencana yang tadinya mau dianter sampe stasiun Tanjung Barat aja, dan gue lanjut ke lokasi ujian sendiri pun musnah. Dengan menanggung segala resiko telat sampe tempat kerja, Ayah memutuskan mengantarkan anaknya yang kalo Dia ngelawak gak pernah ketawa ini sampe depan tempat tes. Luv yu Yah. :*

Sudah dapat ditebak, dua orang dengan bakat nyasar tinggi bila dibiarkan pergi bersama adalah nyasar kuadrat. Iya, nggak seru kalo gak nyasar. Setelah dibikin muter-muter di tempat yang sama karna tiap nanya orang jawabannya beda-beda akhirnya kita sampai di lokasi jam 6 lebih 15 menit menembus dinginnya udara pagi kota Depok.

Ayah segera ngebut ke tempat kerja, sedangkan gue masuk ke SMAN 2 Depok nyari ruangan. Masih sepi baru sekitar 20 peserta yang dateng. Sotau abis. Gue nyari ruangan, tawaf sekolahan naik turun tangga ampe 4 kali. Capek. Taunya ruangan gue nyempil mojok gelap pula di lantai dua. Ruangan 20 begitu yang tertulis di kartu SBM yang sedang gue cocokkan dengan kertas yang ditempel rapih di jendela ruangan.

Capek nyasar + ter muter sekolaan, gue pun kelaperan. Setelah mengumpulkan niat gue jalan keluar gerbang SMAN 2 Depok nyari kang sarapan. Alhamdulillah, seakan-akan dunia sekongkol dengan bu-ibu penjual somay depan SMAN 2. Gue langsung duduk ngemper setelah pesan sepiring somay. Pake telor, parenya dua, sambelnya banyakin.

Untuk membuka SBMPTN 2016 diawali dengan sarapan somay extra pare, sekalian belajar menghadapi pahitnya kenyataan. Sambil makan gue cek handphone yang dari tadi gue matiin. Notifikasi membanjiri, padahal masih pagi belasan semangat dari temen-temen, adiq-adiq kelasque dan keluarga udah saut-sautan aja. Alah ngasi semangat doang, mbok yo pisan-pisan ngasih duit sama kunci jawaban ini buat SBMPTN.

Jam sepuluh tes SBMPTN baru dimulai. Gue nungguin sambil seperti biasa SKSD sama beberapa peserta, saling cerita tentang persiapan mereka menghadapi SBMPTN, sharing soal Universitas, dan berbagi pengalaman. Positif sekali gue kalo ngobrol sama orang baru, coba ngobrolnya sama cahabat-cahabat aque, pasti isinya Ghibah, ghibah, dan ghibah.

HUFT!!

Masuk ruangan didahului kedua pengawas, seorang bapak-bapak setinggi 160 cm dengan rambut jarang-jarang dan bermuka ramah. Satunya mas-mas dengan jaket almamater kuning, berperawakan sedang berkacamata. Gue langsung cari dimana meja gue, dan ternyata paling depan tengah. Astaghfirullah.

Gak opo Adibah wes biasa njagok ngarep dewe.

Tes pertama, peserta disodorkan soal TPA. Setelah berusaha keras mengerjakan, terutama bagian MatDas dan Bahasa Inggris yang apaan-tau-ini-artinya-YaAllah. gue mengakhiri soal TPA dengan tergesa-gesa karna waktunya mepet, gue pemegang rekor kalo tes selalu kelar duluan aja gelisah, merasa waktu yang diberikan terlalu terbatas. 

Setelah keluar ruangan gue berdiri melihat ke koridor bawah menatap kosong peserta-peserta yang baru saja keluar dari ruangan tesnya masing-masing, seorang laki-laki menggaruk-garuk kepalanya yang tidak gatal,  di seberangnya seorang perempuan berjilbab ungu menyandarkan kepalanya ke tembok. Gue masih menatap kosong ke koridor bawah, memasang headset ke telinga kanan,

 " TPA kamu berubah....."

Bisikku di tengah intro Kali Kedua nya Raisa.


TPA too~


Waktu istirahat yang diberikan satu jam, gue bergegas ke kantin karna peserta dilarang keluar area sekolah, padahal katanya di deket SMAN 2 Depok ini ada kang soto mie enak. Tadinya mau makan siang di sana, tapi ternyata gak dibolehin keluar yaudah cuma bisa jajan spaghetti ala kadarnya di kantin. 10 rebu, lebih mahal 5 rebu dari spaghetti kaefci. Oke padahal porsinya sama aja.

Sedang enak-enak menghabiskan sepiring spaghetti dan membaca novel The Confession - John Grishman yang gue beli hari Minggunya di Gramedia, terdengar pengumuman dari speaker yang bisa didengar dari seluruh penjuru sekolahan. Suara khas om-om umur 45 tahunan terdengar jelas dari sana.

" Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, diberitahukan kepada peserta SBMPTN yang tadi berangkat menggunakan Gojek dan lupa membayar harap segera menuju ke pos satpam karena abang gojeknya masih menunggu. Sekali lagi bagi peserta SBMPTN (jeda sebentar) Putra yang tadi berangkat menggunakan Gojek dan lupa membayar, harap segera menuju ke pos satpam, karna abang Gojeknya masih menunggu Terimakasih. "

"Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh."

Tak perlu dikomando, sontak seluruh peserta SBMPTN yang sedang menikmati jam istirahat terbahak, dari koridor depan, kantin sampai koridor atas penuh dengan gelak tawa. Pening yang disebabkan soal TPA pun berhamburan.


SIAPAPUN KAMU YANG LUPA BAYAR GOJEK. THANKYOU YOU MADE MY DAY <3

Apapun alasan dia belum bayar Gojek, tapi dia bener-bener ngehibur temen-temen yang abis setress ngerjain soal TPA.

 Semoga dia diloloskan SBMPTN tahun ini.

Satu jam waktu istirahat habis, peserta SBMPTN  memasuki ruangannya masing-masing, LJK dibagikan, sepuluh menit kemudian lembar soal TKD Soshum mendarat dengan damai di meja masing-masing peserta. Not bad lah TKD, i can handle it. Bahkan waktu gue nyisa banyak, masih sempet buat menuhin semua halaman belakang soal dengan gambar mbak-mbak OOTD. Setelah menandatagani lembar saksi SBMPTN ruang 20. Gue segera keluar ruangan, lari ke toilet setelah menahan pipis sejak 190 menit yang lalu. Gils AC ruanga dingin banget mana gue duduk tepat depan AC pula.

Keluar area SMAN 2 Depok, belum sempat mengucapkan salam perpisahan gue buru-buru jalan ke tempat yang ada angkot buat ke Stasiun. Jalanan depan SMAN 2 Depok macet-cet enggak gerak, banyak orangtua yang ngejemput anaknya habis tes, rata-rata naik mobil sih penuh kan jalanan, gue si jalan aja bergegas nyari angkot. Sendiri.

Di dalem angkot isinya rata-rata peserta SBMPTN yang mau pada balik juga, sepasang-sepasang sama orangtuanya masing-masing. Seperti biasa gue SKSD sama orangtuanya, yoi percayalah gue lebih gampang buka percakapan dengan bu-ibu atau  bapak-bapak ketimbang anak-anaknya. Tidak heran kalo gue jadi favorit para bude dalam keluarga. Gimana udah mantuable belom?

Bu-ibu dan bapak-bapak itu pun saling bercerita pengalaman perjalanannya ke lokasi SBMPTN, ada yang sampe nginep dirumah warga, ada yang nginep di rumah sodara, ada yang berangkat dari sebelum subuh, bervariasi. Setelah naik turun angkot sampe dua kali, akhirnya gue sampe depan Stasiun Depok Baru. Gue keluarin kartu multi trip commuter line, ngetap dan nungguin kereta yang ke Stasiun Manggarai setelah sebelumnya mampir ke alfamart beli minum. Hamdalah, keretanya sepi gue bisa duduk tanpa perlu khawatir ada orang yang menderita ga dapet tempat duduk.

Gue duduk di tengah, sebelah kanan mas-mas pulang kerja yang masih nelfon Mamahnya nanyain minta bawain apa, sebelah Kiri kayanya peserta SBMPTN juga karna bawa-bawa papan jalan. Sampai di Stasiun Manggarai gue nungguin setengah jam kereta yang ke arah Stasiun Bekasi. Setengah jam duduk, glosor, nyender sambil baca buku sampai akhirnya kereta yang dinanti datang. Waktu sudah menunjukkan 16.30 WIB, Ya Allah gue sampe Bekasi jam berapa?? :'') gue menjejalkan diri dalam gerbong kereta yang padat. Tempat duduk? jangan harap.

Gue berdiri tidak jauh dari pintu, sebelah kanan mbak-mbak SPG -dilihat dari dandanan dan seragamnya- sebelah kiri mas-mas dengan tampilan biasa aja. Gue baru mau pasang headset sebelah kanan saat tiba-tiba kereta jalan menghentak, keseimbangan gue goyah karna belom sempet pegang gantungan yang ada tepat diatas kepala gue. Gue langsung jatuh ke belakang dipegangin mas-mas berpenampilan biasa aja tadi tepat bersamaan dengan masuknya intro lagu duetnya Rossa sama Afgan - Kamu yang Kutunggu dikuping gue.

Anjir, FTV banget.

Gue langsung bangun, atur keseimbangan nyari gantungan buat pegangan, dan kampretnya mas-mas berpenampilan biasa aja juga megang gantungan yang sama. Tangan kita bersentuhan,  gue langsung tarik tangan kiri gue, jauh disana Kamu yang Kutunggunya Rossa ft Afgan masih mengalun dikuping gue.

Ya Allah Aku ingin berkata kasar. Idup gue FTV amat si.

Demi, gue tengsin banget, tanpa menoleh ke mas-mas berpenampilan biasa tadi, gue langsung jalan menembus kerapatan gerbong pindah ke gerbong lain. Mencari celah diantara mbak-mbak dan ibu-ibu gemuk, aku gamau sebelahan sama mas-mas dulu. :')

Akhirnya Sampai juga di Stasiun Bekasi, gue naik angkot sampai akhirnya baru sampe rumah jam 18.30 WIB. Sungguh melelahkan. Tes nya sih gak seberapa, perjalanan nya Depok - Bekasi itu yang bikin capek. Ibu Kota itu keras bung.

Buat kamu yang menutup bulan Mei 2016 dengan tes SBMPTN juga. Sukses ya, semoga hasilnya yang terbaik. Apapun nanti, selalu percaya Allah Yang Maha Baik  punya jalan spesial untuk setiap hamba Nya.

Allah itu Maha Asyik, kamu jangan khawatir.