Kamis, 31 Maret 2016

Rezeki Tidak Akan Tertukar

75



Sekarang kalo mau naik taksi gua agak serem, gara-gara kejadian demo kemarin yang supir taksi ricuh sama supir angkutan online. Ya gak boleh gitu juga si, seakan-akan gua menjatuhkan vonis bahwa semua sopir taksi sama aja, salahnya juga si sopir taksi itu kebanyakan cowok, kan cowok emang "semua sama aja".

Padahal mah apa pencitraan, biasa naik angkot ama KRL aja gegayaan taksi-taksi. Hahaha

Masih banyak sopir-sopir taksi yang baik, yang gak ikut-ikutan demo kemaren, yang tetep istiqomah cari nafkah buat keluarganya, mereka orang-orang yang percaya bahwa rezeki tidak akan tertukar.


Gimana mau tertukar? rezeki masing-masing manusia sudah dicatat oleh Allah SWT sejak 50.000 tahun sebelum langit dan bumi diciptakan. Boro-boro lu pada masih bentuk embrio dah, kepikiran juga belom.

Kalo sampe ada yang bilang "Dia ngerebut Rezeki saya!," wah mohon maaf. Rezeki ini datengnya dari Allah, mana mungkin Allah yang maha benar bisa keliru?

Rezeki juga gak melulu soal duit, duit dan duit. Gak melulu soal gaji dari hasil kerja seharian. Bisa aja rezeki itu berbentuk ilmu yang bermanfaat, karna banyak orang-orang yang punya ilmu tapi tidak pernah memanfaatkannya, orang-orang yang sibuk berburu nilai dengan segala macam upaya dari yang halal sampai yang haram sekalipun, tanpa pernah tau sebenernya apa yang seharusnya dia cari setelah seharian duduk mencari ilmu.

Rezeki juga bisa berupa kemudahan, misalnya pas mau naik KRL jam pulang kantor, eh Alhamdulillah  Keretanya kosong, kan GAK MUNGKIN  ALHAMDULILLAH BANGET!!

Terus, pas tanggal tua anak anak kosan duit tinggal serebuan di dompet, tau-tau ada temen ulang tahun ngadain traktiran dan mengharamkan memberikan kado, kan rezeki banget.

Bisa melihat, mendengar, berbicara, bernafas, berjalan, melakukan berbagai hal dengan mudah itu juga rezeki bukan? rezeki yang tak bisa dinilai dengan materi.

Sering denger kan kisah-kisah seorang pemulung, tukang becak, petugas kebersihan naik haji, makan sehari-hari aja susah tapi bisa naik haji, itu yang namanya rezeki, ada aja jalannya. Tukang bubur naik haji itu juga rezeki, rezeki banget buat rumah produksi sama artis-artisnya, sinetron kaga kelar-kelar.

Banyak orang-orang yang sampai lupa akhirat karna saking seriusnya ngejar dunia.
Padahal mereka tau, apa yang mereka kejar tidak akan mereka bawa ke akhirat. Yang mereka bawa ke akhirat hanya amal perbuatan mereka. Sungguh mereka sebenar-benarnya orang yang merugi. Syaelaaah #Adibahsholehah2016

Apalagi yang saking seriusnya ngejar dunia sampe melakukan hal-hal batil, berbuat curang, main tikung, tikung pacar orang, saling menjatuhkan, mengesampingkan kejujuran, yang membuat rezeki yang mereka terima kurang berkah. Padahal nikmatnya berkah itu yang malah tiada tanding. 

Berkah menurut gua adalah yang utama daripada yang utama, rezeki kalo berkah mau seminim apapun insyaAllah cukup. Kalo duit banyak, jabatan tinggi tapi masih ngerasa kurang mulu sampe korupsi sana-sini, nah itu namanya kurang berkah tuh. Biar banyak berasa kurang mulu.

Oke, kalo ada yang bilang pendidikan anak sekarang mahal, sembako mahal, transportasi mahal, gadget-gadget makin mahal, belom lagi lensa fisheye, gopro mahal, jalan-jalan buat diaplod di vlog sama instagram juga mahal, kuota internet juga udah lemot tapi mahal, bedak mahal, lipstik apalagi, sepatu-sepatu juga jutaan padahal mah apa diinjek-injek dan kamu masih tetep jual mahal. Halah, serta hal-hal penunjang gengsi duniawi lainnya. 

Padahal mah rezeki yang barakah itu serba ndilalah. Ndilalah itu basa Jawanya Tiba-tiba. 
Ndilalah pengen iki ono sing ngeki, durung mangan ndilalah ono sing nraktir, orak biso bali kentekan ongkos ndilalah ono sing nebengi, pingin sekolah orak nduwe biaya ndilalah entuk beasiswa.

Terus gimana biar mendapatkan rezeki yang barakah?

Yang jelas dari cara mendapatkannya. mentang-mentang rezeki udah diatur Allah, bukan berarti tiap pagi ada duit segepok dibawah bantal ya. Ya keleeuss, gua juga mau. Harus ada usaha yang halal, niat yang baik, dan yang pasti jangan lupa bersyukur dan bersedekah karna setiap rezeki yang kita terima ada hak oranglain di dalamnya.

Selalu yakin rezeki itu datangnya dari Allah, maka pergunakanlah dijalan Allah. Untuk hal-hal yang baik, jangan buat foya-foya doang, mabu-mabuaan, beli kuota internet tapi buat ngestalk doi mulu. Gak gunaa.

Eh tadi awalnya ngomongin apa sih? kok tiba-tiba kerasukan Mamah Dedeh gini?
Ooh itu demo sopir taksi ya, hhmm.

Nitip pesan aja deh buat bapak-bapak yang kemaren rusuh di demo :
Yang selow ya Pak, gausah yang aneh-aneh. Menyampaikan pendapat boleh, tapi gausah pake ribut-ribut segala.
Kalo emang rezeki Bapak, gak akan kemana kok, palingan ya dimana? 
Cari rezeki yang halal ya Pak, biar istri sama anak-anak di rumah bisa makan makanan yang halal dan berkah, biar kelak menjadi orang yang sholeh dan sholehah.
Barakallah Pak, jangan lupa bersedekah.
Sama jangan lupa dukung #AdibahSholehah2016





"Bagaimana bisa aku merasa miskin, bilamana Tuhan ku lah Yang Maha Kaya."


75 komentar:

  1. Adibah Sholehah 2016.. Mantap.. 👍

    BalasHapus
  2. "Tukang bubur naik haji itu juga rezeki, rezeki banget buat rumah produksi sama artis-artisnya, sinetron kaga kelar-kelar."

    Yang ini kok bacanya bikin kesel ya?

    Saya mendukung #AdibahSakinahMawadahdanWassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo kesel istirahat aja bang, jangan dipaksa.
      kook..
      #Adibahsholehah2016 aja dulu Sakinah Mawadah nya ntar ntar aja.

      Hapus
  3. Soal demo kemaren ini yah. Hmm..

    Gue antara setuju dan enggak. Di sisi lain gue setuju karena taksi online yang ada, itu illegal. Resmiin dulu, dong. Ganti plat kuning. Bayar pajak, jangan lupa. Di sisi lain gue gak setuju karena ini demo gapenting banget. Semua supir demo. Keluarga dirumah nungguin. Ntar keluarga mau dikasih makan apa?? Spanduk demo? Terus malah ada driver gojek yang di dikeroyok. Ini udah pada tua kelakuan kayak anak stm. Anarkis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yak tul. dukung bang Uben untuk jakarta yang lebih baik. #UbenDKI1
      #Adibahsholehah2016

      Hapus
  4. ALLAHUAKBAR.

    Aku dukung #AdibahSholehah2016. Yeaaahh

    Ini bahasanya ringan, tapi ngena. Bikin aku tersadar. Huhuuu rejeki masing-masing udah ada yg ngatur ya. Tapi aku masih sering ngeluh. Apalagi tanggal tua gini. Akhir bulan. Suka ngeluh. Gajiannya lama banget.
    Kamu ulangtahun gitu kek, Dib. Traktir aku.

    Ndilala pengen iki, ono sing ngeki.
    Ini paling berlaku untuk cewe cewe yg tukang kode. Huahahaa

    Semoga bapak bapak taksi yg demo kemarin, baca ini ya. Trus buru-buru sadar. Tobat. Naik haji.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeah. thankyou sistah sudah dukung #Adibahsholehah2016
      Uhuu semangaat bersyukur. :D
      Enaknya itu kerongkongan nyuruh orang ulangtahun.

      Ahahah dasar cewek tukang kode ya.
      Aamiin. kalo mau naik haji, sakaleee ajak-ajak akuh pak.

      Hapus
  5. #AdibahSholehah2016

    bijak banget ini postingan, menyadarkanku juga, ngena.. Alhamdulillah. berkah ini postingan.
    baca ini serasa denger tausiyah.

    semoga yang kemarin demo baca ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Aamiin semoga berkah beneran. :D
      Udah pantes gantiin ustadzah oki dong ya di islam itu indah.

      Hapus
  6. Sesungguhnya tiap tiap manusia sudah diatur tiap rejekinya masing-masing.
    Sekiranya jika itu sudah rejekimu, niscaya semesta pun tak akan mampu untuk menghadangnya dan mencegahnya.

    Aku dukung #AdibahSholehah2016.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Allahuakbar!!
      Alhamdulillah satu suporter lagi. terimakasih
      #Adibahsholehah2016

      Hapus
  7. manusia itu masih banyak yg salah kaprah soal rejeki, mikirnya rejeki itu duit mulu. padahal rejeki banyak, kayak yg kamu sebutin salah 1-nya, ilmu, ada lagi kesehatan, kemudahan dalam segala urusan, diberikan anak-anak yang soleh solehah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah yak tul banget.
      Anak yang sholeh-sholehah kan juga rezeki kaya kamu ya teh. ;D

      Hapus
  8. #adibahsoleh2016
    #adibah
    #soleh
    #samawa
    #2016
    .
    Betul neng rejeki itu engga bakal ketuker neng tapi kalo sendal pas taraweh banyak neng yg sering ketuker
    Itu gimana neng?

    BalasHapus
    Balasan
    1. #Sholehah bang Ya Allah bukan #sholeh.
      sekali-kali gua dianggap cewek gitu kek.

      kalo sendal sampe ketuker, berarti emang bukan rezeki bang.

      Hapus
  9. Setuju dib, rejeki buka cuma doal duit, bisa buka mata pagi hari juga termasuk deh kayaknya haha. padahal mah banyakin bersyukur aja yang jangan sirikan, karena emang bener, tiap orang udah dari mulai rejeki sampe mati udah di atur sama alloh

    Saya dukung #AdibahSholehah2016

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah tuh, mantap. dari hal-hal sederhana yang kita biasa rasakan aja udah rezeki banget yaa.

      Asek trimakasih kisanak untuk dukungan #Adibahsholehah2016 nya.

      Hapus
  10. Vote #AdibahSholehah2016
    #AdibahSholehahForever
    #YogaAkbarSholihinMauGantiDomain

    Postingannya mencerahkan nih. Bener banget, Dib. Rezeki udah ada yang ngatur, nggak bakal tertukar. Tapi nggak nunggu pas pagi langsung ada uang segepok di bawah bantal gitu ya. Harus berusaha.

    Nggg kayak gimana ya, ngg selama aku nganggur ini, aku justru nggak ngerasa kekurangan. Nggak ngeluh soal uang, mau beli ini beli itu. Kuota juga jarang banget nggak dibeli beberapa hari. Kalau habis langsung bisa beli. Ada aja uang buat belinya. Nggak kayak dulu waktu kerja, ngerasa kekurangan banget. Kuota kalau habis, biasanya nggak ada uang buat beli. Uangnya udah habis entah buat apa. Trus masih bisa jajan enak.

    Dan rezeki nggak cuma dari uang itu bener banget. Aku ngerasa punya keluarga yang perhatian dan punya waktu buat bareng mereka itu juga termasuk rezeki. Punya sahabat yang selalu ada, punya pembaca blog yang baik dan budiman yang menjelma menjadi teman baik juga rezeki. Punya kamu sebagai teman baik itu juga rezeki. Aaah. Rezeki ternyata bisa dari mana aja dan bentuk apa aja ya, Dib :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya dukung #Adibahsholehah2016. Wuoh!

      Hapus
    2. INI NGAPA ADA GUE SEGALAAAA? WAKAKAKA.

      Hapus
    3. #Adibahsholehah2016

      ini kenapa ada nama bang Yoga dibawa-bawa.

      Ntap, rezeki dicari, jangan ditunggu doang, ntang mentang udah diatur bukan berarti gak ada usaha yak. :D
      Nah kan, itu luar biasahnya nikmat Allah. kalo disyukuri insyaallah gak bakal kurang. :D

      MasyaAllah. aku terharuu. sini peluk duluu ukhti. {}

      Hapus
  11. Tiba-tiba jadi super begini. Sering-sering begini dong, biar ada pencerahan hidup. Kan bagus dibacanya.

    Next time kalo kopdar pake baju gamis juga oke. Eh, maap-maap.

    Kalo ada yang bilang "Rezeki saya diambil orang lain", mungkin dia memandang rezeki cuma dari material uang. Kalo bilang begitu, tusuk aja perutnya. Biar bener-bener rezekinya (nyawa) hilang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Insyaallah, semoga selalu diberi keistiqomahan ya kisanak.

      Insyaallah, doakan saja agar bisa segera menyempurnakan dalam menutup aurat.

      Yhaa, jangan dong. jangan mengambil rezeki hidup seseorang, parah nih anak SMA anarkis.

      Hapus
  12. aku dukung Dibah untk jd duta #anaksholehah2016

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eheh Alhamdulillah, semoga beneran #Adibahsholehah2016 yaa.

      Hapus
  13. Adibah solehah, Adibah siap dipersunting, Adibah calon istri idaman 2016!

    BalasHapus
    Balasan
    1. lhoo lhoo kok.

      Adibah sholehah aja dulu. masalah siap dipersunting kayanya belom siap deh.

      Hapus
  14. point satu kan cowok emang "semua sama aja" gue ngakak bacanya, ini seakan akan kamu kayak Emma watson yang lagi memperjuangkan feminisme tapi versi adibah sedang memperjuangkan semboyan "wanita selalu benar".
    Ndilalah pengen iki ono sing ngeki, nah ini setuju aku. Rejeki itu bukan masalah nilai, tapi ketika sesuatu ndilalah ada ketika kita butuh. Eh dib, galucu ya bahasa indonesia di campur campur sama jawa gini.

    Btw btw btw. Mamah dibaaah. Curhat dong?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yhaa gimana yha lail, emang rata-rata cowok uitu sama aja siih.
      engga deng becabda.

      Ahahah, iya orangnya emang multilingual lail, kalo ngomong suka campur-campur.

      Curhat?
      ketik REG (spasi) JAMAAHCURHATDONG kirim kee..
      kemana gitu kek serah.

      Hapus
    2. minta nopenya dong sis. leh knal sekalian gug.

      Hapus
  15. Ndilalah pengen iki ono sing ngeki, durung mangan ndilalah ono sing nraktir, orak biso bali kentekan ongkos ndilalah ono sing nebengi, pingin sekolah orak nduwe biaya ndilalah entuk beasiswa.

    ini bisa pake bahasa manusia ga si dib? Gue bukan blasteran jawa nih....

    Oia, rezeki emang enggak bakalan ketuker, asal kita punya cara buat dapatinnya

    oia ijin nyimak aja ya gans

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan buka google translate mas, sekarang sudah ada fasilitas bahasa jawa nya lhoo. ;)
      Yuk budayakan menjadi pemuda kreatif.

      Nah tuh, semangat cari rezekinya, bulatkan niat karna Allah.

      oke gan. ditunggu cendolnya.

      Hapus
  16. Asoyyyy! Ini tulisan berfaedah emang, ya. Dukung banget #Adibahsholehah2016 ! Semoga bisa naik taksi. Ehhh.

    Btw, blog gue pindah ya, Bah. Ke akbaryoga(dot)com. Ehehe. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah.
      sekali-kali boleh keleus bermanfaat.

      Haji doong, taksi doang mah bisa.

      Iyak siaap

      Hapus
  17. wowww.. berbobot banget postingannyaa...

    daleeemm...

    mungkin mereka emosi jadi kalap dan beringas gitu.. kasian banyak mobil dan gojek yang dirusak :(

    iya bener bgt... bagaimana mungkin kita merasa miskin, padahal Tuhan kita Maha Kaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, sekali-kali. :D
      AllahuAkbar!!

      jangan lupa dukung #Adibahsholehah2016

      Hapus
  18. bener juga rizki gak bakal tertukar

    BalasHapus
  19. Sebentar itu mau benerin typo, vonis itu pake "v" ya bukan "f"
    Btw up HT #AdibahSholehah2016 sampai jadi TTI boleh nih.. Kan jarang-jarang baca sesuatu yang berfaedah gini.

    Rejeki udah ada yang ngatur, kalau emang lagi seret yaudah seret aja kali ya. Mungkin itu bapak sopir taksi kurang beramal makanya rejekinya gak lancar. Lagian kalau mereka demo kayak gitu kan sama aja menghalangi rejekinya sendiri, malah pihak lain yang untung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya. makasih ya sudah mengoreksi. sudah diganti tuh. :D
      Yooh. Untuk Adibah yang kebih Sholehah.


      Kalo emang seret, yo usaha nya di perkuat lagi.
      Nyahaha bisa jadi bisa jadi. Nah kan. jadi waktunya terbuang siaa-sia.

      Hapus
  20. baca tulisan ini jadi merasa malu dan kurang bersyukur apa yang diberikan Allah sama kita, :(

    satujam

    BalasHapus
  21. Waaahhh, Subhanallah #Adibahsholehah2016 #Adibahanaksholehah #DukungAdibahJadiPresiden \:D/

    Hemm yang masalah beli kuota internet buat buat ngestalk doi mulu bener-bener bikin aku sadar kalo itu emang nggak guna, duh. Makasih, Dib ({})

    Rejeki setiap orang sudah ada yang mengatur tapi manusia kadang lupa sama hal itu sampe-sampe ada yang dengan rakusnya merampas hak orang lain demi kepuasan batin. (?) Harus pandai-pandai bersyukur sama apa yang ada aja sekarang :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. #Adibahsholehah2016

      Hahaha ketauan tukang ngestalk nih nov.
      Nah kan. kurang nya rasa syukur juga membuat orang jadi rakus ngerasa kurang mulu.

      Hapus
  22. kan cowok emang "semua sama aja" pliis.. semua cowok itu beda ya. ada yg good boy. ada yg bad boy. ada yg LGBT.

    postingan ini seharusnya di baca sama bpk2 itu ya dib, biar tau kalo rezeki gak akan ketuker :)

    NICE POST #Adibahsholehah2016untiltheend :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang LGBT itu yakin banget cowok?


      Hahah iya siapa tau bermanfaat ya. :D

      Hapus
  23. Uwuwuwu aku suka paragraf pertama :') jokenya cerdas :3 hihihihihih

    Eng... iya ya -_- lucu juga kemarin demo para pengemudi taksi yang bilang kalau transport online merebut rejeki dia -_- kan rejeki udah diatur -_-

    Eng... Dibah... Kamu kok mengagumkan ya :3 *mendadak terkesima* wkwkwk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa paragraf pertamanya doang? :(

      Iya kan, padahal mereka sudah dewasa, harusnya bisa jauh lebih paham konsep rezeki ya.
      Hahah Alhamdulillah. :D

      Hapus
    2. Karena kalau aku bilang 'Suka tulisannya beserta dengan penulisnya' maka terbongkarlah semuanya, wahai adindaaaa~ *INI PAAN SIH* -_-


      Yaaah, potret betapa mirisnya negeri ini -_- menyedihkan :'

      Alhamdulillah banget ya :3

      Hapus
  24. HIDUP OJEK PENGKOLAN!!!!!
    eh!

    BalasHapus
  25. Subhanallah si Dibah anak sholehaa

    Rejeki tetiba.. itu alhamdulillah banget, merasa sangat beruntung..

    Oh iya rejeki gak kemana, tapi dimana? Dimana itu yang musti dicari ya Dibah.. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. :D

      Iya alhamdulillah, namanya juga rezeki.
      Nah itu dia, makannya harus semangat cari, diaman si rezeki kita. masa udah dikasi gamau usaha nyari.

      Hapus
  26. adibah miss muslimah indonesia 2016. calon pengganti kuat mamah dedeh.

    rejeki mah yang penting cukup. pengin mobil, cukup. pengin rumah, cukup.

    mah, curhat dong... bagaimaa cara mendapat rejeki yang ndilalah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yassalaam. Aamiinin deh. :D
      Nah kan, yang serba cukup kan nikmat. gak harus lebih ya, yang penting cukup.

      Iya doong..
      Cara dapat rejeki yang ndilalah ya, tunggu aja, kalo emang rejeki ndilalah teko dewe. :D

      Hapus
  27. #AdibahSholehah2016 #AdibahSholehah2016 #AdibahSholehah2016 #AdibahSholehah2016 #AdibahSholehah2016 #AdibahSholehah2016 hahahaha

    BalasHapus
  28. #AdibahSholehah2016

    Rezeki itu tidak akan pernah salah tempat dan salah orang, rezeki itukan datangnya dari dari ALLAH SWT, dia itu maha tahu dan maha mengatur #AdibahSholehah2016

    BalasHapus
  29. Support #AdibahSholehah2016 !!!
    Kandidat kuat pengangti Mamah Dedeh! Alluhu Akbar!

    Sama nih kayak beberapa video Ust Yusuf Mansur yang gua liat. Ilmu tauhid. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Allahuakbar!!
      Aamiin siapa tau gua beneran jadi ustadzah.

      wah belom nonton video nya ust. Yusuf mansyur gua malah.

      Hapus
  30. Suka sama tulisannya. Ringan tapi ngena.
    Btw moga bener-bener jadi wanita shalihah sampe istri shalihah yaa, Adibah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah terimakasih. :D
      Aamiin YRA. :D

      Hapus
  31. Ini apa ini, cowok dibawa-bawa, disalahin pula, cowok semua sama aja, makanya saya kagak demen dah ame cowok, hahaha...

    Enak banget kalo ada temen yang ultah tapi justru dia yang ntraktir ➕ haramin buat ngasih kado, hmmm... Kayaknya langka banget tuh...

    Saya setuju deh, rezeki emang Allah yang udah ngatur, kite tetep syukuri apa yang ade ye neng... Nice share

    BalasHapus
    Balasan
    1. ALLAHU AKBAR!!
      ngahaha mon maap pabila ada yg tersudutkan dlm postingan ini. Semata-mata penulis sengaja melakukannya.ehehe

      Hapus
  32. Supeewwrr sekali.
    Aku ingin duit segepok dibawah bantal dipagi hari.

    BalasHapus
  33. Supeewwrr sekali.
    Aku ingin duit segepok dibawah bantal dipagi hari.

    BalasHapus
  34. PARAPARAPARAAAAA darimana tulisan penuh ilmu ini berasal !?!?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari matamuu matamu ku jatuh cinta~

      Hapus